Selasa, 13 September 2011

BUSINESS INTRODUCTION

the way for ticket,. international business
1.      Apakah itu bisnis?

           Aktifitas-aktifitas yang terorganisir untuk menghasilkan barang dan jasa dengan bertujuan untuk mendapatkan laba.( Nilasari & Sri Wiludjeng ; 2006)

faktanya. aktivitas kita sepanjang waktu, tak lepas dari bisnis. bisnis menghasilkan sebagian besar barang dan jasa yang dikonsumsi oleh setiap orang. contoh baju yang kita pakai merupakan hasil dari serangkaian aktifitas yang terorganisir sampai bisa ada ditangan kita. dari pemintalan benang, pembuatan kain, penjahitan, penjualan dan akhirnya sampai ditangan kita melalui pertukaran yang menghasilkan laba untuk penjual.

2.      Lingkungan yang melingkupi Bisnis?

            Lingkungan sendiri merupakan keseluruhan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi sistem.
Ada lingkungan internal dan juga lingkungan eksternal. Di lingkungan eksternal ada yang makro maupun mikro.

            Dalam lingkungan internal contoh paling mudah adalah pemilik, pemegang saham, dan juga karyawan.
Dalam lingkungan eksternal makro dapat dijumpai di topik hangat berita pagi. Yaitu politik, Ekonomi, Hukum,  Sosial Budaya, , Alam, Teknologi, Demografi, dan Pemerintahan.

      Dalam lingkungan eksternal mikro, terdiri dari unsur-unsur dalam kegiatan sistem pasar yang mempengaruhi perusahaan. Seperti Pemasok, Pelanggan, Perantara, dan Pesaing .
3.      Bagaimanakah lingkungan bisnis dapat mempengaruhi sistem dalam bisnis kita?

            Organisasi memiliki sifat :
-not self sufficient (tidak memenuhi kebutuhan) dan;
-not self contained ( tidak berdiri sendiri )

karena hampir semua input, berasal dari lingkungan. proses dipengaruhi lingkungan. dan output dihasilkan untuk lingkungan.
sehingga organisasi tergantung pada lingkungan eksternal (elemen di luar organisasi yang relevan untuk operasinya) maupun lingkungan internal.
jadi lingkungan mempengaruhi bisnis dengan terjadinya perubahan pada lingkungan itu sendiri. dapat berdampak positif, apabila memberikan peluang atau kesempatan. maupun dampak negatif, jika menutup kinerja perusahaan atau mengancam perusahaan.

contohnya
"tidak ada pemasok, tidak ada produksi, tidak ada penjualan, tidak ada keuntungan"
“ jika terjadi ledakan pertumbuhan populasi ( demografi) dapat menyebabkan lebih banyaknya pengurangan sumber daya (alam) yang membuat konsumen membutuhkan lebih banyak undang-undang (Politik & Hukum) yang merangsang solusi teknologi &produk baru (teknologi) dimana, jika produk itu terjangkau ( Ekonomi) dapat benar-benar mengubah sikap dan perilaku (Sosial-Budaya).
4.      Ada bentuk-bentuk badan usaha apa saja di indonesia?
a.       Perusahaan Perseorangan
b.      Firma
c.       Persekutuan Komanditer ( CV)
d.      Perseroan terbatas ( PT)
e.       Koperasi
f.       Yayasan
g.      Badan Usaha Milik Pemerintah ( BUMN, Perjan, Persero, Perum, BUMD)
5.      Sedangkan Manajemen sendiri, pengertiannya apa?
Biasanya definisi ini diringkas menjadi, “ seni menyelsaikan tujuan melalui orang lain”
Bayangkan dalam sebuah kepanitian, terbentuklah seorang ketua  dan staffnya. dalam jobdesk yang dirancang, setiap divisi memiliki tugas yang mendetail, sedangkan ketua selalu mengglobal,. Karena pada akhirnya setiap divisilah yang menyelesaikan tugas, sedangkan ketua hanya merancang konsep dan mendelegasikan, membimbing, mengarahkan atau memerintahkan anggota-anggotanya. Tergantung kondisi staff divisinya.
6.      Organisasi apa?
Adalah sekumpulan orang yang bekerja sama dengan cara yang terstruktur untuk mencapai suatu tujuan.
7.      Manajemen Pemasaran
Proses memanajemen penciptaan nilai melalui pertukaran barang, harga dan distribusi
8.      Apa saja tugas pemasar?
       I.            Mengembangkan strategi dan rencana pemasaran
    II.            Mengumpulkan informasi dan memindai lingkungan
 III.            Melaksanakan riset pemasaran dan meramalkan permintaan
 IV.            Menciptakan nilai, kepuasan, dan loyalitas pelanggan
    V.            Menganalisis pasar konsumen dan bisnis
 VI.            Mengidentifikasi segmen dan target pasar
VII.           Menciptakan ekuitas merek
VIII.         Membentuk positioning merek
 IX.            Menghadapi persaingan
    X.            Menentukan strategi produk
 XI.            Merancang dan mengelola jasa
XII.           Mengembangkan strategi dan program penetapan harga
XIII.           Merancang dan mengelola saluran pemasaran
XIV.           Merancang dan mengelola komunikasi pemasaran
9.      Manajemen Keuangan
Manajemen terhadap fungsi-fungsi keuangan
10.  Tugas manajemen keuangan
Menangani pengambilan keputusan :
a.       Pendanaan
b.      Investasi
c.       Dividen
11.  Manajemen operasi

Merupakan kegiatan untuk mengatur atau mengelola agar dapat menciptakan dan menambah nilai guna atau manfaat suatu barang atau jasa.

12.  Tugas Manajemen Operasi
Pengendalian terhadap proses produksi

13.  Manajemen SDM
Suatu pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya yang ada pada individu atau pegawai.

14.  Etika bisnis
penerapan etika dalam menjalankan kegiatan suatu bisnis

15.  CSR
CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan) untuk memberikan kepedulian kepada lingkungan sosial

16.  Peranan Teknologi terhadap bisnis
Perkembangan teknologi yang begitu pesat membawa pengaruh kepada berbagai bidang termasuk dunia bisnis. Inovasi teknologi mampu membuat para wirausahawan dan perusahaan mampu menciptakan produk dan jasa baru, mengembangkan model bisnis baru, menguncang industri lama dan akhirnya mengubah cara berbisnis sehari-hari.

Teknologi mempunyai peranan penting di dalam dunia bisnis terutama di bidang pemasaran. Peranan teknologi dalam bidang pemasaran yaitu menunjang kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan dan ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, serta mendistribusikan barang dan jasa kepada pembeli. Selain di bidang pemasaran, teknologi juga berperan dalam rangka pengelolaan jaringan, sistem tagihan, persediaan, dan berbagai aplikasi lain yang terkait dengan kegiatan operasi serta sistem keuangan, personalia dan beragam aplikasi lain yang terkait dengan manajemen.

 17.  Lingkungan Global dan pengaruhnya terhadap bisnis

Menjadi basis inovasi dan perkembangan perusahaan. Karena perubahan lingkungan global yang cepat dan sagat fluktuatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar