Selasa, 07 Februari 2012

SAP Fundamental. tugas 1 ( 03.02.2012)

Materi Perkuliahan Semester 1-3

1. Pengantar Bisnis

Lingkungan Perusahaan
Perusahaan &Lingkungannya
Manajemen & Organisasi
Fungsi-Fungsi Perusahaan
Produksi dan produktivitas
Pengertian dan sejarah perkembangan bisnis

2. Pengantar Manajemen


Pertemuan 1    :  Konsep Dasar Manajemen: Pengertian Manajemen, Batasan Manajemen, Filsafat Ilmu Manajemen, Ilmu dan Seni Manajemen, Profesi Manajemen
Pertemuan 2    :  Perkembangan Pemikiran Manajemen: Faham Manajemen dan Administrasi, Bapak Ilmu Manajemen dan Teori Manajemen Modern, Pionir-pionir Manajemen
Pertemuan 3    :  Perkembangan Pemikiran Manajemen (Lanjutan): Evolusi Pemikiran Manajemen, Manajemen Kontemporer
Pertemuan 4    :  Kerangka Tugas dan Tanggung Jawab Manajemen: Prinsip-prinsip Manajemen, Tujuan dan Sasaran Manajemen,            Tugas dan Pekerjaan Manajemen
Pertemuan 5    :  Kerangka Tugas dan Tanggung Jawab Manajemen (Lanjutan): Keterampilan Manajemen, Tanggung jawab sosial dan etiak manajemen
Pertemuan 6    :  Sistem dan Proses Manajemen: Sistem dan manajemen organisasi, sistem pengambilan keputusan, sistem informasi manajemen
Pertemuan 7    :  Sistem dan Proses Manajemen (Lanjutan):  Sistem nilai budaya organisasi, Proses Manajemen
Pertemuan 9    :  Fungsi Perencanaan: Pengertian Perencanaan, Dasar Pemikiran Perencanaan, Proses Perencanaan, Perencanaan Stratejik, Taktik dan Operasional, Rencana Tindakan.
Pertemuan 10  :  Fungsi Pengorganisasian: Pengertian Pengorganisasian, Perancangan Organisasi, Kekuasaan, Wewenang dan Tanggung jawab.
Pertemuan 11  :  Fungsi Pengorganisasian (Lanjutan): Daerah Wewenang Manajemen,       Pengaturan Sumber Daya manusia.
Pertemuan 12  :  Fungsi Penggerakan: Pengertian Penggerakan, Kepemimpinan, Motivasi, Komunikasi, Dinamika Kelompok.
Pertemuan 13  :  Fungsi Pengawasan: Penertian Pengawasan, Dasar Sistem Pangawasan, Objek Pengawasan, Estándar Operasi Prosedur Pengawasan, Pengawasan yang efektif.
Pertemuan 14  :  Manajemen Operasi: Pengertian Manajemen Operasi, Pensifatan Manajemen Operasi, Pendekatan Sistem Operasi, Perancangan Sistem Operasi, Perencanaan dan Pengawasan Operasional.

3. Manajemen Pemasaran

Defining Marketing
Adapting Marketing to the New Economy
Building Customer Satisfaction, Value and Retention
Winning Markets Through Market-Oriented Strategic Planning
Analyzing Consumer Markets and Buyer Behavior
Analyzing Business Markets and Business Buying Behavior
Identifying Market Segment and Selecting Target Markets  
Positioning and Differentiating the Market Offering Through the Product Life Cycle
Setting the Product and Branding Strategy
Managing Advertising, Sales Promotion, Public Relations, and Direct Marketing

4. Manajemen SDM


Pertemuan  1   : Filosofi dan Konsep Dasar Kepemimpinan
Pertemuan  2   : Pemimpin dan kepemimpinan
Pertemuan  3   : Beberapa pendekatan kepemimpinan
Pertemuan  4   :  Gaya kepemimpinan
Pertemuan  5   :  Peranan kepemimpinan
Pertemuan  6   :  Delegasi kekuasaan
Pertemuan  7   :  Kepemimpinan dan konflik
Pertemuan  9   :  Kepemimpinan situasional
Pertemuan  10 :  Kepemimpinan di Indonesia
Pertemuan  11 :  Pengertian dan hakekat pengambilan keputusan
Pertemuan  12 :  Proses dan mekanisme pengambilan keputusan
Pertemuan  13 :  Jenis dan tipe keputusan
Pertemuan  14 :  Teknik pengambilan keputusan kuantitatif dan kualitatif
5. Manajemen Keuangan


     
Modal dalam Perusahaan
Daftar Keuangan (Financial Statement)
Modal Kerja (Working Capital)
Investasi dalam Kas
Investasi dalam Piutang
Investasi dalam Persediaan Barang

6. Manajemen  Operasi


emuan 1           :  Pendahuluan: Tujuan, Ruang Lingkup, Prosedur Perkuliahan dan Pembentukan Kelompok; Silabus Perkuliahan, Tugas, Ujian, dan Sistem Penilaian; Sumber-Sumber Bacaan yang Menjadi bahan Rujukan
Pertemuan 2    :  Manajemen Operasi: Konsep Dasar, Tujuan dan Ruang lingkup Manajemen Operasi; Milestone Perkembangan Manajemen Operasi; Manajemen Operasi Dalam e-Business Environment; Topik-Topik Utama Dalam Manajemen Operasi Pada Abad 21; Manajer Produksi: Tanggung Jawab dan Peluang Karir.
Pertemuan 3    :  Strategi Operasi: Peran Strategi Operasi Dalam Pencapaian tujuan Perusahaan; Perumusan Strategi Operasi: Misi, Visi, Core Competency, Keunggulan Bersaing Dari Produk, Positioning; Keputusan Strategis Dalam Operasi: Produk/Jasa, Proses dan teknologi, Kapasitas dan Fasilitas, Sumber Daya Manusia, Kualitas, dan Sistem Operasi.
Pertemuan 4    :  Peramalan (Forecasting) : Konsep Dasar dan Peran Strategis Peramalan Dalam Proses Produksi; Komponen dari Proses Peramalan tingkat Permintaan Produk/Jasa: Time Frame (Short, middle, and long range forecasting) dan pola permintaan (trend, cycle, seasonal pattern, and trend with seasonal pattern); Model Peramalan Time Series: MA, WMA, Exponential Smoothing, and Adjusted Exponential Smoothing; Model Peramal Kausal: Analisis Regresi; Tingkat Akurasi Metode Peramalan Yang Digunakan; Tantangan/Isu Strategis Dalam Peramalan
Pertemuan 5    :  Perencanaan Kapasitas dan Aggregate (Capacity and Aggregate Planning): Konsep Dasar Dan Peran Strategis Perencanaan  Kapasitas Dan Aggregate Dalam Proses Produksi; Strategi Perencanaan Kapasitas Produksi: Capacity Lead Strategy, Capacity Lag Strategy, Dan Average Capacity Strategy; Strategy Perencanaan Aggregate Dalam Proses Produksi: Level Production, Chase Demand, And Mixed Strategy; Tantangan /Isu Strategis Dalam Kapasitas Dan Aggregate Dalam Proses Produksi
Pertemuan 6    :  QUIZ
Pertemuan 7    :  Desain Barang dan Jasa (Service and Product Desaign): Konsep Barang, Jasa, Desain Barang Dan Jasa; Peran Strategis Desain Barang Dan Jasa Dalam Proses Produksi; Proses Desain Barang Dan Jasa: Pembentukan Ide-Peluncuran Produk; Strategi Meningkatkan Proses Desain Barang Dan Jasa: Design Team, Design Review, Dan Desin For Environment; Pengembangan Produk: Investasi Teknologi Dalam Pengembangan Produk; Tantangan/Isu Strategis Dalam Desain Barang Dan Jasa.
Pertemuan 8    :  Analisis Break Even Point (Break Even Point Analysis): Konsep Dasar Dan Peran Strategis Analisis Bereak Even Point Dalam Seleksi Proses Produksi; Penentuan Nilai Break Even Point

Pertemuan 10  :  Manajemen Kualitas (Quality Mangement); Konsep Dasar Kualitas: Perspektif Konsumen (Consumers Perspective) Dan Perspektif Produsen (Producers Perspective); Konsep Dasar Dan Peran Strategis Manajemen Kualitas Dalam Menentukan Keunggulan Bersaing Produk; Evolusi Paradigma Kualitas: Dari Paradigma Teknis Ke Paradigma Manajerial; Konsep Manajemen Kualitas; Total Qualitas Manajemen: Konsep Dasar Dan 8 Fokus Utama Penilaian TQM; Tantangan/Isu Strategis Dalam Manajemen Kualitas
Pertemuan 11  :  Strategy Lokasi (Location Strategy): Konsep Dasar dan Peran Strategis Penetapan Lokasi Dalam Menentukan Keunggulan Bersaing; Faktor-Faktor Yang Menentukan Penentuan Lokasi; Metode Penentuan Lokasi:Location Factor Rating, Center Of Gravity Techniques; Tantangan/Isu Strategis Dalam Strategi Lokasi
Pertemuan 12  :  Tata Letak (Layout) :Konsep Dasar dan Peran Strategis Penentuan Tata Letak Dalam Proses Produksi; Tipe Tata Letak: Tata Letak Berdasarkan Posisi Tetap dan Tata Letak Berorientasi Proses; Tata Letak Berorientasi Proses Untuk Sistem Batch Dan Kontinyu; Tata Letak Kantor, Retail, Dan Gudang/Tempat Penyimpanan

Pertemuan 14  :  SDM Dalam Manajemen Operasional: Peran Strategis Sumber Daya Manusia Dalam Produksi; Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Proses Produksi; Elemen Desain Pekerjaan (Job Design): Analisis Pekerjaan (Job Analysis), Kualifikasi Karyawan Yang Diperlukan, dan Lingkungan Kerja Yang Diperlukan; Metode Analisis Pekerjaan: Process Flowchart, Motion Study; Job Design dan Kepuasan Kerja Karyawan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar